Senin, 07 Juni 2010

Jamu Merk China Digemari Warga Semarang

Metro Siang / Ekonomi / Sabtu, 9 Januari 2010 12:43 WIB

Metrotvnews.com, Semarang: Serbuan jamu merek China ke Indonesia membuat sejumlah pedagang jamu di Semarang, Jawa Tengah, senang. Sebab, permintaan konsumen akan jamu tersebut lebih tinggi dibanding jamu lokal. Selain harganya terjangkau, jamu tersebut diyakini ampuh menyembuhkan penyakit yang diderita konsumen.

Kebijakan pemerintah Indonesia untuk membuka perdagangan secara bebas dengan China berdampak membanjirnya produk-produk berlabel China, termasuk jamu di pasaran. Di kawasan Dadapsari, Semarang, konsumen lebih memilih jamu atau obat tradisional berlabel produksi China. Selain harganya terjangkau, konsumen mengakui jamu produk China lebih berkhasiat dibanding jamu produk lokal.

Para pedagang jamu di kawasan ini mengaku sampai kehabisan stok, menyusul banyaknya permintaan dari konsumen. Habisnya stok jamu dirasakan pedagang sejak diberlakukan perdagangan bebas untuk produk China oleh pemerintah, 1 Januari lalu. Permintaan jamu dan obat produk China mengalami peningkatan penjualan sejak akhir bulan Desember hingga awal Januari ini.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar